Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Materi
Pokok Membaca QS. Al- Kautsar Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa
Kelas IVB Semester II SDN Batursari 7 Mranggen Kabupaten Demak Tahun
Pelajaran 2010/ 2011.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pembelajaran di kelas IVB SDN
Batursari 7 Mranggen Kabupaten Demak semester II tahun pelajaran 2010/2011
pada materi pokok membaca QS. Al-Kautsar belum sesuai dengan yang
diharapkan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata tes yang kurang dari nilai
Kriteria Ketuntasan Minimal/KKM (75) yang telah ditentukan, yaitu dari jumlah
siswa 48 hanya 33 siswa saja yang sudah tuntas atau memenuhi Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 15 siswa yang lain memperoleh nilaia dari 48 siswa diperoleh nilai rata-rata
74.
Adapun rumusan masalahnya adalah apakah dengan menggunakan media
audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada
materi pokok membaca QS. Al-Kautsar siswa kelas IVB semester II SDN
Batursari 7 Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2010/2011.
Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori yang
berkaitan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, media audio visual,
dan teori-teori yang berkaitan dengan keduanya. Adapun hipotesis yang peneliti
ajukan dalam skripsi ini adalah: Dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi pokok membaca QS. Al-Kautsar siswa kelas IVB semester II SDN Batursari 7 Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2010/2011.
ajukan dalam skripsi ini adalah: Dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi pokok membaca QS. Al-Kautsar siswa kelas IVB semester II SDN Batursari 7 Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena subyek dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB semester II SDN Batursari 7
Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2010/2011 yang kurang dari 100
yaitu sebanyak 48 siswa. Hal ini sebagaimana tertulis dalam Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik oleh Dr. Suharsimi Arikunto hlm. 107 bahwa,Untuk
sekedar ancer-ancer maka apabila subyeknya kurang dari 100, lebih baik diambil
semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media audio
visual dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi
pokok membaca QS. Al-Kautsar siswa kelas IVB semester II SDN Batursari 7
Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini dibuktikan dari
hasil nilai rata-rata ulangan harian yang mengalami peningkatan. Hal ini tampak
dari nilai rata-rata hasil tes pra siklus 74 dengan presentase ketuntasan belajar
sebesar 68%, sedangkan nilai rata-rata hasil tes siklus I 79 dengan presentase
ketuntasan belajar sebesar 73%, dan nilai rata-rata hasil tes siklus II 84 dengan
presentase ketuntasan belajar sebesar 90%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio
visual dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi
pokok membaca QS. Al-Kautsar siswa kelas IVB semester II SDN Batursari 7
Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2010/2011.
BAB I
FULL TEKS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar