Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Fatkhu
Makkah Melalui Metode Index Card Macth Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Maarif Plosogede Ngluwar Magelang
Skripsi dengan judul Peningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam
Materi Fatkhu Makkah Melalui Metode Index Card Macth Siswa Kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Maarif Plosogede Ngluwar Magelang ini membahas tentang pelaksanaan
tindakan kelas yang dilaksanakan di MI Maarif Plosogede Ngluwar Magelang dengan subjek
penelitiannya adalah siswa kelas V. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembelajaran yang
dilaksanakan selama ini. Pembelajaran yang dilaksanakan kebanyakan masih satu arah. Guru
sebagai pusat pembelajaran, sedangkan siswa sebagai objek penerima. Dalam pembelajaran
tersebut siswa hanya mendengarkan dan melaksanakan apa yang menjadi arahan dari guru
yang bersangkutan sehingga prestasi belajar siswa tidak sesuai dengan yang diinginkan. Studi
penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan seberapa jauhkah penggunaan
metode index card macth dapat meningkatkan prestasi belajar siswa?. Permasalahan tersebut
di atas dibahas melalui sebuah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MI
Maarif Plosogede Ngluwar Magelang. Di dalam penelitian ini proses pengumpulan datanya
diperoleh dengan cara observasi, wawancara, test dan studi dokumentasi. Semua data
dianalisa dengan mengggunakan pendekatan kuantitatif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan sebelum diadakannya penerapan model Index Card Macth hanya satu arah. Siswa hanya mendengarkan, melaksanakan apa yang diperintahkan guru saja, sehingga pengembangan potensi-potensi siswa seperti keaktifan, kerjasama, keberanian tidak bisa berkembang. (2) Hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. (3) Pelaksanaan model pembelajaran index card macth tidak hanya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa saja, namun juga dapat meningkatkan pengembangan potensi siswa yang berupa keaktifan, keberanian dan kemampuan untuk bisa bekerjasama dengan siswa yang lain. Begitu juga dengan pengembangan kemampuan menghargai orang lain. (4) pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran index card macth dapat merubah pembelajaran yang semula menjemukan menjadi proses belajar yang menyenangkan. (5) berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat digambarkan hasil siklus pertama adalah siswa yang tuntas belajar sebesar 81,08 % kemudian pada siklus yang ke dua siswa yang tuntas belajar sebesar 100 %. Rata-rata peningkatan prestasi sebesar 18,81 %.
dianalisa dengan mengggunakan pendekatan kuantitatif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan sebelum diadakannya penerapan model Index Card Macth hanya satu arah. Siswa hanya mendengarkan, melaksanakan apa yang diperintahkan guru saja, sehingga pengembangan potensi-potensi siswa seperti keaktifan, kerjasama, keberanian tidak bisa berkembang. (2) Hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. (3) Pelaksanaan model pembelajaran index card macth tidak hanya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa saja, namun juga dapat meningkatkan pengembangan potensi siswa yang berupa keaktifan, keberanian dan kemampuan untuk bisa bekerjasama dengan siswa yang lain. Begitu juga dengan pengembangan kemampuan menghargai orang lain. (4) pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran index card macth dapat merubah pembelajaran yang semula menjemukan menjadi proses belajar yang menyenangkan. (5) berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat digambarkan hasil siklus pertama adalah siswa yang tuntas belajar sebesar 81,08 % kemudian pada siklus yang ke dua siswa yang tuntas belajar sebesar 100 %. Rata-rata peningkatan prestasi sebesar 18,81 %.
BAB I
FULL TEKS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar