tag:blogger.com,1999:blog-86830248825046594502024-02-20T17:43:57.484+07:00SKRIPSI/TESISKumpulan Skripsi/Tesis PAIPAKSUNANhttp://www.blogger.com/profile/05518393530649689974noreply@blogger.comBlogger5125tag:blogger.com,1999:blog-8683024882504659450.post-35214164621271359772012-06-21T09:11:00.002+07:002012-06-21T09:11:17.050+07:00<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<b>Pengembangan Model Integrated System dalam Pendidikan Agama Islam Madrasah Kelas III di MI Negeri Mlaten, Mijen, Demak.</b><br />
<br />
Skripsi ini membahas tentang pengembangan model integrated system<br />
dalam Pendidikan Agama Islam Madrasah. Penulisan ini dilatarbelakangi oleh<br />
kurangnya pemahaman peerta didik dalam nilai-nilai Pendidikan Agama Islam.<br />
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana kondisi<br />
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Negeri Mlaten? (2) Bagaimana<br />
mengembangkan model integrated system Pendidikan Agama Islam Madrasah<br />
kelas III di MI Negeri Mlaten? (3) Bagaimana efektifitas model integrated system<br />
Pendidikan Agama Islam Madrasah terhadap hasil belajar peserta didik kelas III<br />
MI Negeri Mlaten?<br />
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and<br />
development) yang dilakukan terhadap siswa kelas III MI Negeri Mlaten, Mijen,<br />
Demak. Terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap studi pendahuluan, tahap<br />
pengembangan, tahap uji lapangan serta tahap desiminasi dan sosialisasi. Subyek<br />
penelitian ini adalah siswa kelas III MI Negeri Mlaten, Mijen, Demak yang terdiri<br />
dari kelas III A sebagai kelas kontrol dan Kelas III B sebagai kelas eksperimen.<br />
Masing-masing kelas terdiri dari 30 peserta didik. Pada penelitian ini berupaya<br />
untuk mengembangkan suatu produk yaitu model integrated system kemudian<br />
mencari seberapa efektif model integrated system dalam mata pelajaran<br />
Pendidikan Agama Islam madrasah. Sumber data dalam penelitian ini adalah<br />
dokumentasi, hasil tes tertulis dan hasil observasi.<br />
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Sebelum model<br />
integrated system dilaksanakan, kondisi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di<br />
MI Negeri Mlaten, Mijen, Demak masih memisahkan antara satu mata pelajaran<br />
dengan mata pelajaran yang lain. Mata pelajaran Al Quran Hadist 2 jam<br />
pelajaran, Aqidah Akhlak 2 jam pelajaran, Fiqih 2 jam pelajaran, dan Sejarah<br />
Kebudayaan Islam 2 jam pelajaran. Model integrated system dalam Pendidikan<br />
Agama Islam Madrasah yang dimaksudkan adalah memadukan mata pelajaran<br />
Aqidah Akhlak, Al-Quran Al- Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, dan fiqih<br />
dalam satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam madrasah dengan<br />
menggunakan topik yang sesuai dengan kehidupan nyata peserta didik. Dari hasil<br />
uji t test yang dilakukan bahwa nilai t hitung = -12,247. Dan t tabel= -1,67. Ini<br />
berarti Ho DITOLAK, artinya rata-rata (mean) nilai kelas eksperimen dan kelas<br />
kontrol adalah tidak identik atau berbeda secara nyata<br />
Model integrated system dapat digunakan sebagai alternatif untuk<br />
meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada kemampuan kognitif dalam<br />
memecahkan masalah, keaktifan siswa dan kerjasama dalam kelompok. Selain itu<br />
model integrated system mampu menjadikan inovasi baru dalam dunia pendidikan<br />
secara umum dan dalam Pendidikan Agama Islam Secara khususnya.<br />
<b></b></div>PAKSUNANhttp://www.blogger.com/profile/05518393530649689974noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8683024882504659450.post-62651912059478676252012-06-21T09:08:00.001+07:002012-06-21T09:08:31.389+07:00<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<b>Studi Deskriptif tentang Kemampuan Guru Membuat Apersepsi dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs NU Khoiriyah Bae Kudus.</b><br />
<br />
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan guru-guru
MTs NU Khoiriyah Bae Kudus dalam membuat apersepsi pada pembelajaran
PAI; (2) menelaah kesulitan guru-guru MTs NU Khoiriyah Bae Kudus dalam
membuat apersepsi pada pembelajaran PAI ; dan (3) mengetahui faktor-faktor
penyebab kesulitan guru-guru MTs NU Khoiriyah Bae Kudus dalam membuat
apersepsi pada pembelajaran PAI.<br />
Penelitian ini menggunakan pendekatan grounded theory (Teori Dari
Bawah/ TDB) dengan metode perbandingan tetap (constant comparative method),
yaitu dalam analisis data secara tetap membandingkan satu datum dengan datum
yang lain, dan kemudian secara tetap membandingkan kategori dengan kategori<br />
lainnya. Analisis data kualitatif menggunakan langkah-langkah: (1) Pengumpulan
Data (Data Collection); (2) Mereduksi Data (Data Reduction); dan (3)
Penampilan Data (Data Display).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru-guru PAI di MTs NU
Khoiriyah Bae Kudus telah berusaha membuat apersepsi pada pendahuluan
pembelajaran; (2) guru-guru PAI di MTs NU Khoiriyah masih menjumpai
kesulitan dalam pelaksanaan apersepsi; dan (3) faktor kesulitan Guru PAI di MTs
NU Khoiriyah Bae Kudus dalam pelaksanaan apersepsi diantaranya adalah: (a)
kemampuan awal yang dimiliki anak didik masih kurang sehingga menyulitkan
guru dalam melakukan eksplorasi; (b) usia anak yang masih belia kurang bisa
melakukan asosiasi; (c) pengalokasian waktu pembelajaran kurang tepat; dan (d)
penggunaan metode pembelajaran kurang beragam.</div>PAKSUNANhttp://www.blogger.com/profile/05518393530649689974noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8683024882504659450.post-41249314868074047862012-06-21T08:40:00.000+07:002012-06-21T08:40:12.886+07:00<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<div style="text-align: justify;">
<b>Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Fatkhu
Makkah Melalui Metode Index Card Macth Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Maarif Plosogede Ngluwar Magelang</b></div>
<br />
<div style="text-align: justify;">
Skripsi dengan judul Peningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam
Materi Fatkhu Makkah Melalui Metode Index Card Macth Siswa Kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Maarif Plosogede Ngluwar Magelang ini membahas tentang pelaksanaan
tindakan kelas yang dilaksanakan di MI Maarif Plosogede Ngluwar Magelang dengan subjek
penelitiannya adalah siswa kelas V. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembelajaran yang
dilaksanakan selama ini. Pembelajaran yang dilaksanakan kebanyakan masih satu arah. Guru
sebagai pusat pembelajaran, sedangkan siswa sebagai objek penerima. Dalam pembelajaran
tersebut siswa hanya mendengarkan dan melaksanakan apa yang menjadi arahan dari guru
yang bersangkutan sehingga prestasi belajar siswa tidak sesuai dengan yang diinginkan. Studi
penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan seberapa jauhkah penggunaan
metode index card macth dapat meningkatkan prestasi belajar siswa?. Permasalahan tersebut
di atas dibahas melalui sebuah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MI
Maarif Plosogede Ngluwar Magelang. Di dalam penelitian ini proses pengumpulan datanya
diperoleh dengan cara observasi, wawancara, test dan studi dokumentasi. Semua data<br />
dianalisa dengan mengggunakan pendekatan kuantitatif kualitatif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam proses pembelajaran yang
dilaksanakan sebelum diadakannya penerapan model Index Card Macth hanya satu arah.
Siswa hanya mendengarkan, melaksanakan apa yang diperintahkan guru saja, sehingga
pengembangan potensi-potensi siswa seperti keaktifan, kerjasama, keberanian tidak bisa
berkembang. (2) Hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan tidak memenuhi kriteria
ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. (3) Pelaksanaan model pembelajaran index card
macth tidak hanya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa saja, namun juga dapat
meningkatkan pengembangan potensi siswa yang berupa keaktifan, keberanian dan
kemampuan untuk bisa bekerjasama dengan siswa yang lain. Begitu juga dengan
pengembangan kemampuan menghargai orang lain. (4) pembelajaran yang dilaksanakan
dengan menggunakan model pembelajaran index card macth dapat merubah pembelajaran
yang semula menjemukan menjadi proses belajar yang menyenangkan. (5) berdasarkan hasil
penelitian yang telah dilaksanakan dapat digambarkan hasil siklus pertama adalah siswa yang
tuntas belajar sebesar 81,08 % kemudian pada siklus yang ke dua siswa yang tuntas belajar
sebesar 100 %. Rata-rata peningkatan prestasi sebesar 18,81 %. </div>
<br />
<div style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif; text-align: center;">
<span style="font-size: large;">BAB I</span></div>
<div style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif; text-align: center;">
<span style="font-size: large;">FULL TEKS</span></div>
</div>PAKSUNANhttp://www.blogger.com/profile/05518393530649689974noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8683024882504659450.post-74487752813790183722012-06-21T08:25:00.001+07:002012-06-21T08:39:31.112+07:00<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<div style="text-align: justify;">
<b>Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Materi
Pokok Membaca QS. Al- Kautsar Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa
Kelas IVB Semester II SDN Batursari 7 Mranggen Kabupaten Demak Tahun
Pelajaran 2010/ 2011.</b></div>
<br />
<div style="text-align: justify;">
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pembelajaran di kelas IVB SDN
Batursari 7 Mranggen Kabupaten Demak semester II tahun pelajaran 2010/2011
pada materi pokok membaca QS. Al-Kautsar belum sesuai dengan yang
diharapkan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata tes yang kurang dari nilai
Kriteria Ketuntasan Minimal/KKM (75) yang telah ditentukan, yaitu dari jumlah
siswa 48 hanya 33 siswa saja yang sudah tuntas atau memenuhi Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 15 siswa yang lain memperoleh nilaia dari 48 siswa diperoleh nilai rata-rata
74.</div>
<div style="text-align: justify;">
Adapun rumusan masalahnya adalah apakah dengan menggunakan media
audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada
materi pokok membaca QS. Al-Kautsar siswa kelas IVB semester II SDN
Batursari 7 Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2010/2011.
Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori yang
berkaitan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, media audio visual,
dan teori-teori yang berkaitan dengan keduanya. Adapun hipotesis yang peneliti<br />
ajukan dalam skripsi ini adalah: Dengan menggunakan media audio visual dapat
meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi pokok
membaca QS. Al-Kautsar siswa kelas IVB semester II SDN Batursari 7 Mranggen
Kabupaten Demak tahun pelajaran 2010/2011.</div>
<div style="text-align: justify;">
Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena subyek dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB semester II SDN Batursari 7
Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2010/2011 yang kurang dari 100
yaitu sebanyak 48 siswa. Hal ini sebagaimana tertulis dalam Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik oleh Dr. Suharsimi Arikunto hlm. 107 bahwa,Untuk
sekedar ancer-ancer maka apabila subyeknya kurang dari 100, lebih baik diambil
semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media audio
visual dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi
pokok membaca QS. Al-Kautsar siswa kelas IVB semester II SDN Batursari 7
Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini dibuktikan dari
hasil nilai rata-rata ulangan harian yang mengalami peningkatan. Hal ini tampak
dari nilai rata-rata hasil tes pra siklus 74 dengan presentase ketuntasan belajar
sebesar 68%, sedangkan nilai rata-rata hasil tes siklus I 79 dengan presentase
ketuntasan belajar sebesar 73%, dan nilai rata-rata hasil tes siklus II 84 dengan
presentase ketuntasan belajar sebesar 90%.</div>
<div style="text-align: justify;">
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio
visual dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi
pokok membaca QS. Al-Kautsar siswa kelas IVB semester II SDN Batursari 7
Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2010/2011.<b> </b></div>
<div style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif; text-align: center;">
<span style="font-size: x-large;">BAB I</span><br />
</div>
<div style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif; text-align: center;">
<span style="font-size: x-large;">FULL TEKS</span></div>
</div>PAKSUNANhttp://www.blogger.com/profile/05518393530649689974noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8683024882504659450.post-19663865241336097152012-06-21T06:30:00.000+07:002012-06-21T08:39:46.110+07:00<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<div style="text-align: justify;">
<b>Hubungan Keluarga Harmonis Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama
Islam Siswa Kelas Tinggi IV,V,VI Sekolah Dasar Negeri 2 Tambahrejo
Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal Tahun 2010/2011</b></div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Latar belakang masalah, sebuah kehidupan rumah tangga, harus
tentram, aman dan damai, untuk dapat menuju hal tersebut sebuah keluarga harus
dapat mencegah hal-hal yang dihindari. Dengan keluarga harmonis diharapkan
tatanan kehidupan keluarga dapat berjalan optimal sehingga nilai-nilai keimanan,
ketaqwaan dan akhlaq mulia dapat tertanam dalam kehidupan keluarga.Kehidupan keluarga yang retak, sudah tidak ada keharmonisan antara ayah dan
ibu, tidak ada kesatuan pendapat, sikap dan pandangan terhadap sesuatu yang
dihadapinya. Berdampak pada anak-anak terutama pendidikannya dalam keluarga,
karena tidak jarang anak-anak terpaksa ikut ayah atau ibu tiri sehingga anak
merasa kurang mendapat kasih sayang dari orang tuanya, mengingat betapa
pentingnya masalah pendidikan terutama Pendidikan Agama Islam bagi siswa,
maka sejak dini siswa sudah dipersiapkan dengan matang dan bijaksana sehingga
motivasi siswa untuk belajar Pendidikan Agama Islam terus meningkat. Belajar
merupakan interaksi antara siswa dan guru. Dalam interaksi tersebut terjadi
transfer konsep-konsep pengetahuan, konsep itu ada yang bersifat abstrak,
sehingga memerlukan model atau media untuk mengkonkritkan konsep tersebut,
apabila sebuah keluarga harmonis maka motivasi belajar siswa akan lebih
meningkat sehingga terjadi perubahan belajar yang ditandai dengan adanya
perubahan berupa perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan tingkah laku,
serta penguasaan keterampilan yang ada di sekolah diwujudkan dalam bentuk
prestasi.</div>
<div style="text-align: right;">
<br />
<div style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif; text-align: center;">
<a href="http://www.ziddu.com/download/19719103/BAB1MUSLIHIN.pdf.html"><span style="font-size: x-large;">BAB I</span></a></div>
<div style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif; text-align: center;">
<span style="font-size: x-large;"><a href="http://www.ziddu.com/download/19718960/jtptiain-gdl-muslihin09-5967-1-muslihin-i.pdf.html">FULL TEKS</a></span></div>
</div>
</div>PAKSUNANhttp://www.blogger.com/profile/05518393530649689974noreply@blogger.com0